8 Akibat Tubuh Kurang Tidur Terus Menerus

akibat kurang tidur

















kebutuhan tidur masing-masing individu bervariasi, namun bagi kebanyakan orang kebiasaan tidur menjadi hal remeh bagi sebagian kita, padahal kurangnya tidur akan mengakibatkan ketidakseimbangan proses dalam tubuh dan menjadi bahaya apabila terus menerus dilakukan. Tidur yang sehat sehari yaitu 7 - 9 jam sehari. Minimnya jam tidur akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas dan depresi. Oleh karena itu kenali beberapa tanda bahwa tubuh anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur.

# Lebih cepat lapar

Menurut Chris Winter pemilik Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia mengatakan bahwa seseorang yang kurang tidur menyebabkan otak tidak mendapatkan energi dari tidur sehingga akan beralih untuk mendapatkan energi dari makanan.  selain itu akan membuat tubuh lebih banyak memproduksi ghrelin atau disebut hormon rasa lapar sehingga cenderung mengkonsumsi makanan yang berlemak dan bergula. Kurang tidur juga dapat berakibat rusaknya fungsi hormon leptin atau hormon kenyang, sehingga anda akan merasa lapar terus.

# Obesitas

kurangnya tidur akan berefek pada metabolisme anda. Sebuah studi pada tahun 2012 Annals of Internal Medicine menemukan bahwa 4,5 jam tidur selama 4 hari berturut-turut dapat mengurangi kemampuan sel-sel lemak untuk merespon hormon insulin yang bertanggung jawab 30% mengatur energi.

# Mudah Lupa

Ketika anda lelah, biasanya banyak memori yang sulit untuk diingat. dengan tidur yang layak sangat penting untuk kesehatan otak dalam jangka panjang. Penelitian dari National Institutes of Health bahwa tidur dapat membantu menghilangkan molekul beracun dari otak. Jadi tidur yang cukup teratur dapat menstabilkan kemampuan otak dan menjaga sistem saraf yang jelas. 

# Sulit membuat keputusan dengan cepat

Apabila tubuh kita kurang tidur, maka akan mempengaruhi kecepatan dan pengolahan kognitif  individu. Berdasarkan penelitian Sleep di tahun 2009 dengan meminta kedua relawan yang kurang tidur dan cukup tidur. Sleep menemukan bahwa individu yang kurang tidur memiliki tingkat akurasi menurun 2.4% sedangkan individu yang istirahat cukup meningkatkan akurasi sebesar 4.3%. Hal ini berarti kurang tidur dapat menghambat kemampuan anda untuk bereaksi dan mengambil keputusan dengan cepat.

# Emosi Meledak 

Ketika anda kurang tidur akan memicu rasa emosi yang tidak terkendali. Anda menjadi lebih reaktif terhadap rangsangan emosional. Apabila diri anda tidak pandai mengendalikan emosi dan terbawa dengan arus emosi, maka hal ini akan merugikan diri Anda sendiri dan bahkan orang lain. 

# Mudah Sakit

Akibat lain dari kurang tidur yaitu sistem kekebalan tubuh Anda jadi kacau, artinya jika kita tidak tidur dengan cukup bisa menyebabkan masalah yang signifikan dalam hal kemampuan tubuh untuk melawan infeksi . Sebuah studi pada tahun 2009 di Archives of Internal Medicine . Para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh hampir tiga kali lebih mungkin untuk mudah sakit dibandingkan mereka yang tidur delapan jam atau lebih . Kenapa hal ini bisa terjadi, karena sistem kekebalan tubuh kita memproduksi sitokin pada saat tidur. Sitokin  adalah protein yang membantu melindungi terhadap infeksi dan peradangan. Jadi kurang tidur dapat  menyebabkan kita mudah terkena flu dan batuk.

# Mata Lelah

Tidur yang cukup akan membantu meningkatkan otot siliaris yang membantu mata kita tetap fokus. Apabila tidur kita tidak cukup hal ini akan berakibat kelelahan pada otot-otot mata kita sehingga sulit dikontrol dan berakibat pada penglihatan ganda atau mata selalu terus mengantuk. 

# Kulit terlihat kusam

Tidur yang baik dan cukup dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga apabila anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup dapat mengganggu proses dan akan membuat kulit anda terlihat kusam. Sebuah uji klinis pada tahun 2013 yang dilakukan oleh University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio, ditemukan bahwa pemulihan kulit 30% lebih tinggi bagi mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik . 

Menurut Debra Jaliman dermatolog di New Tork dan Penulis "Skin Rules" mengatakan kurangnya tidur mengganggu keseimbangan hormon Anda dan meningkatkan tingkat sirkulasi estrogen dan juga dapat menimbulkan jerawat serta kulit terlihat lebih tua. Jika telah dilakukan dalam jangka waktu yang lama, Anda akan melihat bahwa banyak kerutan di kulit akibat dari penurunan kolagen, sebab tubuh memproduksi kolagen pada saat tubuh Anda sedang tidur.

Kesimpulan
Tidur yang kurang akan mengakibatkan berbagai macam masalah diantaranya obesitas, cepat lapar, mata lelah, mudah lupa, emosi meledak, mudah sakit, kulit terlihat kusam. Oleh karena itu mari kita disiplinkan tiap hari untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit dan fresh dengan tidur yang cukup yaitu minimal 7 jam - 8 jam.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Akibat Tubuh Kurang Tidur Terus Menerus"

Post a Comment