Tujuh Cara Membiasakan Anak Tidur Sendiri


Anak yang terbiasa tidur sendiri, cenderung lebih mandiri dan percaya diri. Namun, membiasakan anak agar tidur sendiri bukanlah hal yang mudah. 

Berikut saya akan memberikan beberapa tips yang bisa orang tua praktikkan agar anak-anak kita terbiasa tidur sendiri.

Buat rencana awal

Awalnya, kita jangan minta anak-anak tidur sendiri secara tiba-tiba, biasakan mereka tidur siang sendiri di kamarnya agar mereka terbiasa dengan suasana kamarnya.

Siapkan kamar tidur senyaman mungkin

Dekatkan kamar tidur anak dengan kamar tidur orang tua, agar anak merasa tenang saat tidur. Agar anak merasa nyaman, gunakan warna dan desain interior kamar tidur anak sesuai dengan kesukaan anak.

Yakinkan anak merasa aman dan nyaman

Yakinkan bahwa anak meski tidur tidak bersama orang tua, mereak akan aman dan nyaman. Kita bisa menerapkan trik "sepuluh menit kunjungan". Katakan pada anak bahwa setiap 10 menit, kita akan menjenguk anak sampai mereka tidur.

Biasakan menghabiskan waktu bersama anak dengan lampu redup/gelap

Dengan membiasakan waktu bersama dengan anak-anak kita sebelum tidur dalam lampu redup atau gelap akan membiasakan mereka dengan keadaan gelap di malam hari sehingga mereka lebih berani tidur sendiri.

Hilangkan gangguan

Hilangkan gangguan-gangguan yang mengalihkan perhatian pada tidur seperti jauhkan anak-anak dari HP, game, gambar, music dan lain-lain yang akan mengganggu mereka untuk tidur.

Biasakan hal-hal kecil sebelum tidur

Terapkan kebiasaan sebelum tidur melakukan hal-hal kecil seperti memulai dari minum susu hangat, kemudian sikat gigi dan buang air kecil, wudu, dan berdoa. Proses ini akan membuat tidur anak menyenangkan, sekaligus memahamkan pada anak bahwa tidur adalah urutan terakhir dari rutinitas keseharian kita.

Berilah reward

Berilah reward pada anak-anak kita jika mereka berhasil tidur sendiri. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk berani tidur sendiri.

Silahkan dicoba bagi orangtua yang anaknya masih belum berani tidur sendiri, bahkan masih minta dikeloni....semoga berhasil...
terima kasih 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tujuh Cara Membiasakan Anak Tidur Sendiri"

Post a Comment