Hamil itu Bukan Sakit

Picture by Pixabay.com/TawnyNina


Hamil bukan merupakan penyakit, akan tetapi perubahan fisiologis yang normal. Oleh karena itu jadi wanita hamil janganlah khawatir. Menurut Dr. Supandji Raharja, SpOG spesialis kandungan di RS Dr. Oen Surakarta memberikan paparan sebagai berikut.

#Apa yang harus anda lakukan saat mengetahui hamil

Saat pertama kali anda mengetahui hamil, maka step pertama yang harus anda lakukan adalah periksa langsung kehamilan (cek kehamilan) yaitu dengan alat tes urin yang umum di jual di pasaran dan USG. Tujuannya untuk memastikan bahwa anda benar-benar hamil atau tidak, mengetahui letak kehamilan di dalam atau di luar rahim, apakah kehamilan berkembang baik atau tidak.

# Ketidaknyamanan saat hamil pada trimester pertama dan cara mengatasinya

Umumnya ketidaknyaman pada wanita hamil terjadi pada trimester pertama, wujudnya seperti mual, muntah dan hilangnya nafsu makan bahkan kadang-kadang ketidaknyamanan ini membawa si bumil sampai ke rumah sakit untuk perawatan yang lebih intensif. 

Untuk mengatasi masalah ketidaknyamanan pada trimester pertama, bumil bisa mengatur pola makan, yaitu dengan makan yang sedikit tapi sering misalnya ngemil. Ngemil bisa dilakukan dengan makanan ringan atau buah-buahan segar.

Persiapan pranikah juga dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pada saat trimester pertama, persiapannya yaitu dengan memenuhi nutrisi yang baik seperti vitamin, asam folat, zat besi. Lebih baik lagi sebelum menikah hendaknya seorang wanita memeriksakan apakah terdapat virus toxoplasma dan torch. 

# Mengatasi Kekhawatiran Saat Hamil

Pertama kali yang harus adalah mind-set kita bahwa hamil bukanlah penyakit, hamil adalah anugerah, jadi hamil hanyalah perubahan fisiologi yang normal jadi jangan khawatir yang berlebihan, agar bumil semakin tenang, maka perlu melakukan ANC (Antenatal Care) atau cek rutin ke dokter. 

ANC bertujuan untuk memeriksa apakah terdapat kelainan pada kehamilan atau tidak, apabila ada kelainan maka akan segera dilakukan tindakan. keuntungan lain ANC akan mendapatkan arahan dari dokter berupa apa yang diperbolehkan untuk dimakan dan seberapa banyak porsinya.

Pada umumnya, saat hamil tidak diperbolehkan atau mengurangi jenis makanan yang masam, karena buah yang masam akan merangsang asam lambungnya naik dan menyebabkan lambung terasa perih. Sebenarnya ibu hamil boleh makan apa saja, asalkan yang sehat dan sebisa mungkin hindari makanan fast food, junk food dan makanan yang berMSG.


#Makan Buah Durian dan Nanas saat hamil, bolehkah?

Sebenarnya makan buah durian dan nanas saat hamil boleh-boleh saja, hanya saja jangan berlebihan, karena dikhawatirkan akan menyebabkan perut terasa panas apalagi bagi bumil yang mengalami mual. Terkait nanas, memang secara medis ada zat-zat yang berbahaya bagi janin, akan tetapi makan nanas tidak dapat menggugurkan kandungan. Namun, alangkah baiknya jangan makan buah nanas dulu.

Kesimpulan

Hamil merupakan anugerah, jadi jangan anggap bahwa hamil merupakan ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan yang timbul saat hamil umumnya hanya terjadi pada trimester pertama, dan untuk mengatasinya masing-masing bumil berbeda-beda, namun cara mengatasi yang paling ideal adalah mengatur pola makan seperti kurangi porsinya dan sering-seringlah makan buah-buahan yang masih segar. Hal-hal yang tidak diperbolehkan pada saat bumil yakni hindari makanan fast food, junk food and makanan yang ber-MSG. 

Sekian artikel ini, apabila bermanfaat silahkan di share atau beri komentar. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hamil itu Bukan Sakit"

Post a Comment