7 Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut Anak Secara Alami

picture by femalesia.com


Sakit perut pada anak berusia 4-8 tahun umumnya disebabkan karena susah makan, stress dan pertumbuhan. Untuk mengatasinya tidak harus menggunakan obat kimia, ada beberapa cara alami untuk mengatasi sakit perut pada anak diantaranya adalah :

#Minum Secangkir Teh

Berikan anak Anda secangkir teh, satu cangkir air teh menurut Andrew Weil, M.D. dalam bukunya "Healing spontan" mengatakan bahwa Teh merupakan obat rumah yang sangat baik untuk perut karena memiliki anti-inflamasi dan obat penenang. Kesemuanya dapat berkontribusi pada berkurangnya ketidaknyamanan pada perut. Teh juga dapat melemaskan otot saluran pencernaan bagian atas, meringankan kontraksi melalui lambung dan usus kecil, sehingga akan meringankan kejang dan kram perut.

# Minum segelas jahe 

Jahe memiliki bahan utama gingerol, antioksidan kuat yang membantu menurunkan produksi radikal bebas dan kerusakan potensi pada tubuh; Jahe juga menurunkan mual dan ketidaknyamanan perut. Selanjutnya, jahe juga bersifat sebagai anti-inflamasi yang meningkatkan cairan pencernaan dan menetralisir asam lambung.

#Campurkan Teh dan Peppermint

Teh dan peppermint dapat menyegarkan dan meringankan rasa sakit perut. Menurut Dr. Sears Peppermint memiliki efek menenangkan pada otot perut. Kemudian, menurut University of Maryland Medical Center, peppermint memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu ke pencernaan. .

#Letakkan Botol Air Hangat

Meletakkan botol air hangat atau bantal pemanas pada perut anak Anda saat duduk atau berbaring dapat mengurangi rasa sakit. Alasannya menurut Robyn Strosaker dokter anak di Rainbow Babies & Rumah Sakit Anak di Cleveland, panas meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, yang dapat mengurangi persepsi nyeri dalam perut.

#Refleksi Kaki

Menurut Laura Norman praktisi refleksiologi terdapat ribuan saraf di kaki dan tangan, ketika dipijat dengan teknik-teknik khusus dapat menyebabkan seluruh tubuh rileks dan merasa lebih tenang. Titik refleksiologi untuk wilayah perut terdapat pada lengkungan pusat kaki kiri. Gunakan teknik pijat refleksi hingga anak Anda merasa nyaman.

#Sajikan Makanan Lembut

Jika anak Anda memiliki masalah nafsu makan pada saat sakit perut, biarkan dia makan dalam porsi kecil seperti roti, pasta, oatmeal, yoghurt. Hindari saus dan bumbu yang beraroma kuat. "Makanan lembut dapat mengurangi iritasi lambung dan lebih mudah dicerna daripada makanan pedas atau berminyak" kata Dr Strosaker. Makanan lembut tidak hanya cenderung menginduksi muntah, tetapi dapat membantu pencernaan kembali ke fungsi normal lebih cepat"

#Berikan Yogurt

Menurut Dr Sears, Yogurt efektif untuk mengurangi kram perut dan yogurt adalah makanan populer untuk penyembuhan diare. Dr Sears menambahkan bahwa Biasanya, bakteri baik hidup di usus untuk membantu pencernaan. Jika Anda diare, bakteri baik akan untuk mengurangi gejala. Makan yogurt dapat mengoptimalkan bakteri aktif untuk membantu pencernaan kembali normal, terutama jika si kecil ke kamar mandi buang air besar terlalu sering.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut Anak Secara Alami"

Post a Comment