Kapan Berbicara tentang Narkoba dan Sex pada Anak

Picture by huffingtonpost.com

Sebagai orang tua, suatu saat kita harus membicarakan masalah yang serius tentang Narkoba dan Seks. Yang perlu kita tahu, kapan dan bagaimana kita harus berbicara dengan anak tentang kedua hal tersebut sehingga tidak mempengaruhi kehidupannya dan dapat membuat stress anak. Tema ini saya angkat karena narkoba dan seks menjadi permasalahan yang pelik di kehidupan bermasyarakat saat ini di negara kita. Narkoba telah meraja lela bahkan masuk ke bangku sekolah melalui berbagai media, bahkan seks sudah bukan menjadi suatu hal yang tabu bagi anak-anak yang masih dibawah umur. Berikut ini kami akan menyajikan beberapa step education drug and sex for parent.
Langkah 1
Sebagai permulaan, mulailah berbicara dengan anak sedikit demi sedikit tentang seks sejak dini. Percakapan mengenai seks tidak harus terkait dengan hubungan intim dan reproduksi, akan tetapi lebih merujuk pada penyebutan bagian-bagian tubuh, kemudian anak diajak membedakan bagian-bagian tubuh antara laki-laki dan perempuan. Apabila anak anda bertanya, jawab secara lugas dan jangan memperluas jawaban, sesuaikan dengan tingkatan umur anak. Diskusikan informasi dan gambar yang Anda baca melalui buku-buku.

Langkah 2

Sewaktu anak tumbuh kembang sampai dengan remaja, anda dapat membicarakan tentang perbedaan antara cinta dan seks. Waktu yang tepat pada step ini bervariasi tergantung pada tingkat kematangan anak. Anda bisa membahas topik kencan, pacaran, masturbasi, perkembangan seksual, rasa hormat dan sopan santun terkait dengan seks. Lanjutkan menjawab pertanyaan yang muncul dari anak anda dan jawab secara rinci sesuai dengan usia anak anda. Gunakan momen sehari-hari untuk membahas seks terkait acara atau iklan yang anda lihat di televisi, foto atau gambar di majalah dan koran. 

Langkah 3

Mendiskusikan risiko penggunaan obat-obatan/narkoba. Anak usia sekolah umumnya mengumpulkan informasi terkait narkoba dari teman sebaya, orang dewasa dan acara televisi bahkan internet. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus lebih banyak untuk mendapatkan informasi tentang narkoba dari brosur kesehatan atau penyuluhan dari universitas kesehatan. Pastikan anak anda tahu bahwa obat-obatan dan alkohol/minuman keras berbahaya. Diskusikan juga alasan orang-orang terkadang menggunakan obat-obatan dengan memberi contoh seperti mengalami depresi atau sedang stress. Berikan juga paparan tentang risiko kesehatan apabila sampai kecanduan. Bahas juga metode positif untuk menangani emosi negatif yang timbul dalam diri dan cara mengatasi tekanan dari teman sebaya.
Langkah 4
Step ini yang paling penting, orang tua menjadi panutan anak. Apa yang dilihat oleh anak sebagian besar akan ditirunya, oleh karena itu periksa apakah Anda sudah memastikan tindakan dan perbuatan anda sesuai dengan kata-kata yang Anda ucapkan. karena sebagian besar anak-anak belajar dengan contoh.
Kesimpulan
Pendidikan akan pengetahuan narkoba dan seks sangatlah penting bagi anak, kita sebagai orang tua hendaknya mengajarkan pendidikan seks pada anak sesuai dengan tingkatan umurnya agar anak mudah mencernanya sedangkan pendidikan tentang narkoba bisa dilakukan dengan cara "pemberian contoh dari orang tua" apakah kita sebagai orang tua sudah bisa memberikan contoh yang baik untuk anak-anak kita, apakah perilaku kita sudah sesuai dengan ucapan kita.
Silahkan dikritisi dan beri komentar serta bantu share ya....., semoga artikel ini bermanfaat bagi orang tua yang peduli dengan anaknya....Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kapan Berbicara tentang Narkoba dan Sex pada Anak"

Post a Comment