Mengatasi Kesibukan di Pagi Hari (Morning Rush)


Picture by www.discoveryhealthjournal.com

Setiap pagi di seluruh negeri, semua keluarga sibuk bekerja melawan waktu, apalagi bagi anda yang masih memiliki anak-anak di bawah 12 tahun. Pagi hari, seperti sebuah perlombaan dan hal itu bisa membikin semua orang stress dan kacau. Meski demikian, pasti ada suatu cara untuk mengatasinya.

Setiap pagi saya dan istri saya selalu sibuk untuk menyiapkan anak-anak berangkat sekolah, sarapan pagi, inilah, itulah dan juga mengantar sang istri kerja. Alhasil, waktu pagi di rumah kami menjadi waktu yang paling sibuk, meskipun kami sudah bangun diawal waktu.

Pada artikel kali ini saya berusaha menyampaikan beberapa tips untuk mengatasi waktu yang sibuk di pagi hari sesuai dengan apa yang saya lakukan.

#Dimulai pada malam sebelumnya

Pertama, pastikan anak anda mendapatkan tidur yang cukup, hal ini diperlukan bagi perkembangan mereka baik dari sisi psikologis maupun psikis. Apabila anak mendapatkan tidur yang cukup, ini akan membuat anak-anak bangun dalam kondisi segar untuk menyonsong pagi hari.

Kedua, siapkan menu makan pagi, pakaian seragam anak, tas sekolah dan kaos kaki di malam harinya, jangan lupa cek tugas rumah anak apakah sudah selesai dikerjakan. Apabila tidak hal ini akan menghambat aktivitas anda di pagi hari.

Ketiga, sebisa mungkin anak memiliki jam sendiri-sendiri, sehingga terbiasa bangun dengan alarm yang sudah ditetapkan, pastikan setting alarm noozle dihidupkan sehingga alarm akan bunyi berulang kali sampai dimatikan oleh pemiliknya.

#Pagi hari

Pertama, kita sebagai orang tua hendaknya bangun lebih awal, meski sedikit kehilangan jam tidur, namun akan membantu meringankan beban kita di pagi hari, karena minimal kita sudah siap terlebih dahulu sebelum menyiapkan anak-anak.

Kedua, hilangkan gangguan yang menghambat anda di pagi hari yaitu bersosmed/don't touch handphone, menonton TV meskipun itu berita, jauhkan anak-anak bermain komputer, mobile game, dan video game.

Ketiga, kerjasama dengan pasangan kita, misal jika istri cuci piring dan masak, saya mencuci pakaian dan menyiapkan anak-anak mandi, ini akan mempermudah pekerjaan kita di pagi hari dan jangan pernah berpikiran bahwa tugas rumah hanya dilakukan oleh sang istri, suami juga memiliki tugas yang sama dan hilangkan ego sendiri.

Demikian solusi mengatasi kesibukan di pagi hari, tips tersebut sudah kami terapkan dan hasilnya jreng...jreng lumayan berhasil. Apabila kita tidak melakukan secara kolaboratif pada anggota keluarga, maka tips tersebut tidak akan berjalan secara efektif.

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Kesibukan di Pagi Hari (Morning Rush)"

Post a Comment