10 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

via anaksusahmakan.com


Diusia pertama anak banyak kita jumpai anak yang susah makan (seperti menolak makan, tidak suka sayur, toh kalau makan maunya itu-itu aja (pinky water) dan hal ini sedikit membuat orang tua menjadi sedikit bingung dan khawatir. Tulisan ini ingin berbagi cerita tips-tips mengatasinya.

Susah makan pada anak disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Namun tulisan ini hanya akan mengupas dari sisi faktor psikis saja, seperti suasana yang kurang menyenangkan, kondisi rumah yang tidak nyaman, dan memaksa makanan yang tidak disukai. 

Langkah awal untuk mengatasi anak susah makan yaitu perkenalkan makanan semenjak berusia 6 bulan, selanjutnya perkenalkan berbagai rasa sejak bayi pula. Kemudian perhatikan langkah selanjutnya.


#1 Variasi makanan dalam porsi kecil
Coba membuat pilihan menu makanan lalu biarkan si anak memilih yang disukainya dan berikan dalam porsi kecil.

#2 Sajikan menarik

Gunakan peranti saji dengan bentuk dan warna yang menarik seperti bentuk miki mouse, bentuk bebek dan bentuk-bentuk menarik lainnya yang aman dan tidak mencemari makanan anak Anda. Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan sesuai kesenangan anak kita.

#3 Jadikan saat makan menyenangkan

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Untuk anak selalu gunakan gaya persuasi atau mengajak dengan membujuknya dan gunakan nada suara yang lembut.

Jika anak sudah semakin besar, untuk suasana yang menyenangkan, Ortu bisa menyetel film edukatif untuk anak atau makan bersama-sama anggota keluarga yang lain. Biasanya hal ini akan menimbulkan efek mood yang baik untuk anak karena dia akan merasakan suasana yang hangat dan menyenangkan.

#4 Makan teratur

Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

#5 Beri cemilan sehat atau makanan selingan

Memberikan makanan selingan pada anak dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi terutama bagi anak yang susah makannya. Namun tentunya kita harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan selingan tersebut agar tetap memperhatikan kehigienisan makanan dan juga kandungan vitamin atau gizinya. Jangan sampai anak diberikan makanan snack-snack yang mengandung pewarna dan penyedap rasa yang akan membahayakan kesehatan anak.

#6 Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.

Supaya anak lebih semangat dalam makan, maka libatkanlah anak Anda untuk menyiapkan makanannya sendiri. Selain mengenalkan jenis makanan yang bisa dikonsumsi, kegiatan ini juga cukup menyenangkan. Berikan makan secara sedikit demi sedikit, tetapi usahakan sesering mungkin. Selain itu, anak Anda memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila Anda mengonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan Anda sebagai orang tua.

#7 Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.

Umumnya orang tua, memberikan makanan penutup sebagai hadiah, hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain itu, dapat meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan manis bagi anak.

#8. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.

Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun bila ananda terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.

#9. Massage tubuh pada anak sangat penting.

Tubuh bayi, remaja atau dewasa sangat membutuhkan massage (pijat ringan) untuk merilekskan tubuhnya. Terlebih bagi seorang anak dari bayi sampai ia mulai berjalan, aktivitasnya semakin tak dapat dibatasi. Sehingga pijat ringan sangat membantu menstabilkan kerja organ tubuhnya. Dengan badan yang sehat dan stabil ternyata mampu memulihkan nafsu makannya. Sebab massage tubuh dapat memperbaiki organ pencernaan.

#10 Memberikan gambar makanan bergizi dan memperlihatkan foto balita sehat.

Ternyata memperkenalkan jenis makanan sehat dan bergizi seperti empat sehat lima sempurna sangat efektif untuk memberikan motivasi pada anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Lebih efektif lagi jika si anak melihat profil foto balita-balita lucu, sehat dan gemuk serta memahamkan kepada mereka bahwa ini adalah anak-anak sehat karena mereka mau makan makanan bergizi.

Kesimpulan
Faktor susahnya anak makan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor fisik, malah biasanya faktor psikis. Jadi kita sebagai orang tua hendaknya memposisikan diri bagaimana menjadikan suasana rumah yang nyaman dan aman sehingga membuat mood anak baik, dan jangan sekali-kali membohongi atau memaksa anak, hal ini akan mempengaruhi mindset anak itu sendiri.

Apabila artikel ini bermanfaat maka beri komentar atau share kepada teman-teman ya....

Selalu jaga kesehatan ya....

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Tips Mengatasi Anak Susah Makan"

Post a Comment